Siapa yang tidak kenal dengan Twitter, situs jejaring sosial dengan logo
burung biru atau dikenal dengan sebutan “Larry the Bird” itu telah menjadi
situs jejaring sosial terbesar di dunia setelah facebook. Bahkan telah menjadi
yang nomer wahid di beberapa negara seperti Jepang (2012). Sejak didirikan oleh
Jack Dorsey pada Maret 2006, Twitter langsung masuk kedalam 10 layanan jejaring sosial paling populer dan dijuluki
dengan “pesan singkat dari Internet”. Hal ini dikarenakan kemudahan dan
kesederhanaan Twitter dalam menyampaikan informasi dimana pengguna bisa
mengirim dan membaca pesan singkat berbasis teks sejumlah 140 karakter atau
yang kita sebut dengan berkicau (tweet). Berdasar
hasil survei yang dilakukan oleh Garret, Sean (2010) ada 750 kicauan
perdetiknya di twitter.
Twitter juga mengalami perkembangan yang cukup fenomenal. Menurut laporan
Compete.com posisi twitter ada di peringkat ketiga pada bulan Januari 2009,
dari yang sebelumnya menempati peringkat ke dua puluh dua. Di tahun 2009, twitter
dinobatkan sebagai situs web dengan tingkat pertumbuhan bulanan pengguna tercepat
oleh Nielsen.com sebesar 40%. Saat ini twitter telah memiliki sekitar 7.000
aplikasi di dalamnya. Selain itu, berbagai layanan dan aplikasi pihak ketiga
telah banyak tersedia. Seperti ; Telly, Tweetdeck, salasforce.com, Hootsuite
dan Twitterfeed serta telah merambah ke aplikasi seluler untuk iphone, iPad,
Android, Windows Phone, BlackBerry dan Nokia s40 ada juga layanan Twitter SMS
dan MMS.
Jika dilihat dari sisi pengguna. Twitter banyak digunakan oleh kalangan
remaja dan dewasa. Hanya 11 persen pengguna Twitter yang berusia antara 12-17
tahun. Namun kini penggunaannya telah merambah budaya populer setelah kita lihat
banyak selebriti, politisi maupun pengusaha yang bergabung dengan Twitter. Pada
juli 2012 akun Twitter di dunia mencapai angka 500 juta, dengan 200 juta
pengguna aktif dan Jakarta tercatat sebagai pengguna Twitter terbanyak.
Sifat Twitter yang masive, cepat dan mendunia menjadikan Twitter memiliki
kekuatan yang luar biasa dalam kehidupan sosial. Layanan ini telah dimanfaatkan
untuk berbagai keperluan dalam berbagai aspek, seperti kampanye poitik,
pembelajara, protes dan tak ketinggalan pula dalam dunia bisnis sebagai sarana marketing yang praktis dengan dampak
yang tinggi. Saat ini hampir semua perusahaan besar diseluruh dunia memiliki
akun perusahaan di Twitter untuk mengingat loyalitas pelanggan dan membangun
brand image.
Berbagai manfaat
Twitter dalam bisnis seperti yang ditulis dalam buku Tip & Trik
Mengoptimalkan Microblogging adalah sebagai berikut :
1. Riset Pasar
Riset pasar dapat dilakukan dengan mudah di twitter, cukup masukkan kata kunci di Tweeter search yang ada di halaman akun Tweeter. Pemilik akun bisa mengetahui bagaimana respon pelanggan tentang bisnisnya, baik nama perusahan, bidang, industri atau brand.
2. Feedback
Tweeter memungkinkan antara pemilik usaha dengan follower atau pelangannya saling berinteraksi. Pemilik akun bisa meminta umpan balik pelanggan dengan menanyakan bagaimana pendapat pelanggan mengenai prosuknya, program pemasarannya maupun evaluasi atas perusahaan.
Riset pasar dapat dilakukan dengan mudah di twitter, cukup masukkan kata kunci di Tweeter search yang ada di halaman akun Tweeter. Pemilik akun bisa mengetahui bagaimana respon pelanggan tentang bisnisnya, baik nama perusahan, bidang, industri atau brand.
2. Feedback
Tweeter memungkinkan antara pemilik usaha dengan follower atau pelangannya saling berinteraksi. Pemilik akun bisa meminta umpan balik pelanggan dengan menanyakan bagaimana pendapat pelanggan mengenai prosuknya, program pemasarannya maupun evaluasi atas perusahaan.
3. Membangun Jaringan
Lewat Twitter, kita bisa bergabung dengan suatu komunitas yang memiliki hubungan dengan prosuk usaha kita. Sehingga kita bisa lebih mengenal lebih dekat dengan konsumen potensial bahkan menciptakan worth of mouth di banyak komunitas yang menjadi target pasar kita. Namun kita harus berhati-hati dalam menyebar tweet karena kesalahan akan memiliki dampak besar dan menyebar cepat.
4. Nge-link Konten dari Blog atau Website
Jumlah karakter huruf yang terbatas di Tweeter bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan web atau blog perusahaan yang di tautkan ke dalam tweet. Hal ini tentunya akan menjadi tekhnik promosi yang murah dan cepat. Cukup tuliskan Tweet yang bermanfaat kepada follower dan link anda akan segera menyebar dengan cepat ketika di re-tweet.
5. Berkomunikasi dengan Tim
Twitter bisa dimanfaatkan untuk berkomunikasi antar karyawan di suatu perusahaan. Group Update semacam ini biasanya di-set privat untuk masalah keamanan.
6. Notifikasi
Gunakan Twitter untuk notifikasi produk baru atau produk bestseller kepada konsumen dan mengabarkan event yang akan diselenggarakan perusahaan.
No comments:
Post a Comment