untuk perbaikan silahkan berikan masukan,kritik,dan sarannya terhadap konten maupun blog ini di komentar atau buku tamu

Monday, January 13, 2014

Pengertian Merek dan Fungsinya

Pengertian Merek

            Menurut American Marketing Association, Merek adalah nama, istilah, tanda, lambing atau desain atau kombinasinya yang dimaksudkan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa dari salah satu penjual atau kelomok penjual dan mendiferensiasikan mereka dari para pesaing. Maka merek adalah barang atau jasa yang dimensinya mendiferensiasikan merek tersebut dengan beberapa cara dari merek atau produk lainnya yang dirancang untuk memuaskan kebutuhan yang sama. Perbedaaan ini bisa fungsional, rasional, atau nyata-yang berhubungan dengan kinerja produk dari merek. Perbedaan ini bisa juga lebih bersifat simbolis, emosional atau tidak nyata-berhubungan dengan apa yang dipresentasikan merek.

Fungsi Merek

            a) Bagi Konsumen
1.         Untuk mengidentifikasi sumber atau pembuat produk dan memungkinkan konsumen-bisa individual atau organisasi-untuk menuntut tanggungjawab atas kinerjanya kepada pabrikan atau distributor tertentu.
2.         Konsumen dapat mengevaluasi produk yang sama secara berbeda tergantung pada bagaimana pemerekan produk tersebut.
3.         Merek menandakan kualitas tertentu sehingga pembeli yang puas dapat dengan mudah membeli produk kembali.
4.         Ketika kehidupan konsumen menjadi semakin rumit,terburu-buru dan kehabisan waktu merek berfungsi untuk menyederhanakan pengambilan keputusan dan mengurangi resiko.

            b) Bagi Produsen 
1.         Menyederhanakan penanganan atau penelusuran produk dan membantu mengatur catatan persediaan dan catatan akuntansi.
2.         Merek mempresentasikan bagian properti hukum yang sangat berharga dan dapat mempengaruhi perilaku konsumen, dapat dibeli dan dijual, dan memberikan keamanan pendapatan masa depan yang langgeng bagi pemiliknya.
3.         Merek dapat menjadi alat untuk mengamankan keunggulan kompetitif yang dimiliki produk.


4.         Menciptakan loyalitas merek yang memberikan tingkat permintaan yang aman dan dapt diperkirakan bagi perusahaan, dan menciptakan penghalang yang mempersulit perusahaan lain untuk memasuki pasar.

No comments:

Post a Comment